Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Ingin Bikin Jersey Running Sendiri? Ikuti Tipsnya Supaya Hasilnya Keren, Yuk!

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Ingin Bikin Jersey Running Sendiri? Ikuti Tipsnya Supaya Hasilnya Keren, Yuk!

jersey running printing

Apakah Anda sudah berencana untuk bikin jersey running sendiri, atau jersey olahraga lainnya yang sesuai dengan hobi Anda? Kalau iya, Anda barangkali sudah memahami bahwa proses pembuatan jersey Anda dimulai bukan dari saat ketika jersey running custom Anda sudah masuk produksi, tapi bahkan sejak desain mulai dibuat.

bikin jersey running

bikin jersey running

Selain unsur aestetik agar jersey Anda keren dan menarik, desain baju running juga perlu dipersiapkan dari segi teknisnya, lho! Sebagai contoh, program yang digunakan untuk membuat desain, resolusi dan ukuran desain, dan sebagainya. Bahkan, jangan sampai Anda meremehkan atau menyepelekan masalah teknis dari desain jersey olahraga yang ingin Anda buat. Sebab, hal ini bisa jadi akan memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap pesanan Anda, misalnya pesanan yang tertunda atau tertahan.

Baca Juga :
Tips Memilih Baju Running Wanita yang Nyaman Dipakai
Karakteristik Kain yang Nyaman dan Memuaskan Untuk Jersey Running

Karena alasan inilah sebaiknya Anda buat desain sendiri untuk jersey olahraga Anda hanya jika Anda memiliki kemampuan desain yang mumpuni dan bisa menggunakan software khusus untuk desain, mengingat proses pembuatan jersey saat ini yang sudah terkomputerisasi. Kalau Anda tidak memiliki keahlian desain, Anda masih punya solusinya, kok: manfaatkan jasa desainer freelance atau desainer dari konveksi yang jadi pilihan Anda.

Kalau begitu, apa saja hal-hal penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membuat atau memesan desain baju lari? Tanpa buang-buang waktu lagi, yuk simak daftarnya berikut ini! Oh iya, tips-tips ini juga berlaku ketika Anda akan membuat sendiri jersey olahraga apapun, termasuk bikin jersey sepeda satuan, ya!

4 Tips Desain Penting untuk Bikin Jersey Running Sendiri

1. Ukuran Maksimum Area Sablon Untuk Jersey

Ukuran ini bukan mengacu pada ukuran file desain, tapi ukuran atau luas area sablon yang ada pada desain itu sendiri, biasanya dalam satuan centimeter (cm). Jadi, ukuran maksimum area sablon adalah ukuran desain yang ingin Anda aplikasikan pada saat Anda bikin jersey running di konveksi nantinya.

Biasanya, ukuran area sablon yang maksimal ditentukan juga oleh jenis sablon yang ingin Anda pilih untuk mengaplikasikan desain pada permukaan kain jersey running maupun jersey olahraga apapun yang Anda inginkan. Secara garis besar, ada dua jenis sablon yang biasa dipilih, yaitu sablon press atau sablon manual, dan sablon sublimasi alias printing sublimasi (ada juga yang menyebutnya sablon printing).

jersey running printing

jersey running printing

Masing-masing dari jenis sablon untuk baju atletik lari tersebut melibatkan proses yang berbeda. Hal ini bahkan bisa memengaruhi ukuran area sablon. Sebagai contoh, desain untuk sablon manual bisanya relatif kecil dan berupa bagian-bagian yang perlu diaplikasikan pada area tertentu jersey, seperti bagian dada atau lengan.

Sementara itu, desain untuk sablon printing atau sublimasi boleh berupa bagian-bagian tertentu seperti pada desain sablon manual, atau desain full untuk seluruh bagian jersey dari depan sampai belakang, seperti yang bisa Anda temukan di berbagai toko olahraga yang jual jersey running printing dengan desain seamless.

2. Resolusi File Gambar atau Desain Jersey

Resolusi file desain atau gambar yang dibutuhkan untuk bikin jersey running sendiri ditunjukkan oleh jumlah dots per inch alias DPI (dpi). Hal ini sangat berkaitan erat dengan kualitas dari hasil sablon yang dibuat, dan hubungan antara kedua faktor ini adalah berbanding lurus. Artinya, resolusi yang lebih besar berarti kualitas hasil sablon yang lebih baik. Pun dengan sebalinya: resolusi yang lebih rendah berarti kualitas hasil sablon juga lebih buruk.

Aspek ini bahkan sangat penting jika desain untuk sablon jersey running Anda, termasuk baju running wanita sekalipun, memiliki detail-detail kecil yang ingin Anda aplikasikan secara akurat pada baju nantinya. Misalnya jersey running printing dengan detail sulur-sulur pada beberapa bagian tertentu yang punya lengkungan mulus serta cabang-cabang yang terlihat smooth.

Apabila desain seperti itu dibuat dengan resolusi yang rendah, hasilnya jelas tidak akan setajam yang Anda inginkan. Bahkan, hasilnya bisa jadi terlihat sangat kabur jika ukuran resolusinya terlalu kecil. Akibatnya, jersey running yang sudah Anda repot-repot persiapkan jadi tidak memenuhi ekspektasi, alias mengecewakan, kan?

Artinya, untuk memastikan bahwa kualitas dari hasil sablon pada jersey running Anda benar-benar bagus, Anda perlu mempersiapkan file desain atau gambar dengan resolusi yang tinggi. Hanya saja, angka berapa yang dianggap sebagai resolusi file yang tinggi?

Biasanya, desainer dan konveksi menetapkan bahwa file dengan resolusi 300 dpi adalah resolusi standar yang digunakan. Hanya saja, bagi Anda yang masih awam dalam dunia desain grafis, Anda perlu mengingat bahwa resolusi tinggi ini harus sudah diatur sejak awal, atau sejak file dibuat. Artinya, Anda tidak bisa sekadar mengubah angka resolusi dari file yang sudah terlanjur jadi dan dibuat dengan resolusi yang lebih rendah.

3. Format atau Ekstensi File Desain yang Diberikan Kepada Konveksi

Apakah Anda pernah mendengar istilah .JPEG, .JPG, .PNG, .AI, dan .CDR? Keempatnya merupakn jenis ekstensi file yang biasa digunakan untuk file gambar, termasuk gambar desain. Secara garis besar, .JPEG, .JPG, dan .PNG merupakan ekstensi file gambar yang bisa dibilang “tinggal pakai”, sementara file dengan ekstensi .AI dan .CDR adalah file gambar atau desain yang masih bisa diubah atau disesuaikan, dan membutuhkan program software yang sesuai agar bisa membuka file desainnya. File dengan ekstensi .AI sendiri berarti file yang dibuat dan bisa dibuka dengan software Adobe Illustrator, dan file .CDR dibuat serta bisa diakses dengan software Corel Draw.

Aplikasi Desain Jersey Corel Draw

Aplikasi Desain Jersey Corel Draw

Masing-masing konveksi memiliki kebijakannya sendiri-sendiri terkait dengan apa ekstensi file yang mereka terima jika Anda ingin bikin jersey running sendiri. Kalau desainnya sudah final, gunakan file dengan ekstensi .PNG jika desain Anda punya bagian dengan warna transparan, atau .JPEG maupun .JPG. Tapi, kalau Anda masih ingin melakukan penyesuaian dengan pihak konveksi, sebaiknya kirimkan file mentah (raw) .AI atau .CDR. Meski demikian, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak konveksi untuk kepastiannya.

4. Jenis Bahan Baju yang Tepat Untuk Bikin Jersey Running Berkualitas

Pastinya, desain jersey sesempurna apapun jadi terasa percuma kalau Anda mengesampingkan faktor kualitas dari bahan jersey itu sendiri. Pasalnya, bahan kaos lari yang bagus akan sangat memengaruhi kenyamanan Anda selama berolahraga nanti, terutama mengingat bahwa Anda pasti akan banyak berkeringat ketika berlari.

Di samping itu, kualitas bahan jersey lari juga sangat memengaruhi kualitas sablon, lho! Sebagai contoh, sablon printing atau sublimasi biasanya membutuhkan jersey dengan kandungan polyester di dalam kainnya agar bisa “mengikat” desain yang ditranfer selama proses sublimasi dengan sempurna. Contohnya jersey dryfit atau drifit, serena, dan sebagainya.

Drifit Milano Untuk Pembuatan Jersey Printing

Drifit Milano Untuk Pembuatan Jersey Printing

Itulah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan bikin jersey running sendiri, terutama dalam proses pembuatan gambar atau desain baju lari Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Running, Kaos, Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait : bikin jersey running, jual jersey running, desain baju running, desain baju lari, baju running wanita, jersey running custom, baju atletik lari, bahan kaos lari yang bagus, bikin jersey sepeda satuan

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: