Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Tips Memilih Baju Running Wanita yang Nyaman Dipakai

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Tips Memilih Baju Running Wanita yang Nyaman Dipakai

Baju Running Wanita Keren

Dibandingkan ketika Anda harus memilih perlengkapan lari lainnya, sebenarnya memilih baju atletik lari terbilang relatif lebih mudah, lho! Hanya saja, kuncinya adalah memilih baju running alias baju lari yang memang didesain khusus untuk kebutuhan berolahraga – ringan, memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara agar kain bisa “bernapas”, dan lentur. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda perlu memilih bahan yang tepat untuk baju running wanita.

Baju Running Wanita Keren

Baju Running Wanita Keren

Kenyamanan

Seperti halnya ketika Anda akan membeli baju apapun, kenyamanan pasti jadi kunci utama. Dalam urusan belanja baju lari, termasuk baju running wanita secara khusus, ukuran kenyamanan ini perlu dirinci dengan lebih jelas atau spesifik lagi. Berikut ini, Anda bisa temukan penjelasan soal poin-poin penting yang menentukan kenyamanan dari baju lari secara khusus.
Baca Juga :
Karakteristik Kain Yang Nyaman Untuk Baju Running
Ingin Bikin Jersey Running? 

1. Jenis Jahitan

Apapun jenis kain yang digunakan untuk membuat baju atlet lari, potongan-potongan kain yang telah dipotong sesuai pola akan dijahit bersama-sama agar bisa membentuk sebuah baju. Berbicara soal jahitan sendiri, sebenarnya ada beberapa jenisnya, lho! Bahkan, jenis jahitan pada baju bisa memengaruhi tingkat kenyamanan dari pakaian tersebut, apalagi mengingat baju lari digunakan untuk aktivitas yang mengharuskan Anda banyak menggerakkan anggota tubuh.

Jahitan yang Buruk Berakibat Baju Running Wanita Tidak Nyaman Dipakai

Di samping itu, alasan kenyamanan lain yang berkaitan dengan jenis jahitan baju adalah bagaimana jahitan tersebut akan menimbulkan efek tertentu pada kulit. Pasalnya, jika jahitannya buruk, maka baju running wanita yang dikenakan akan terasa tidak nyaman karena gesekan antara jahitan yang tidak halus dengan kain. Bahkan, hal tersebut bisa mengakibatkan iritasi yang diperparah oleh keringat yang mengucur selama berolahraga.

Jahitan Flat Lock

Beberapa jenis jahitan pada baju lari, termasuk baju lari wanita hijab misalnya adalah jahitan flat lock (flat lock seam), yang bisa dibilang merupakan jenis jahitan paling umum. Dalam jenis jahitan ini, bagian tepi dua potong kain akan disambung dengan cara saling ditumpuk satu sama lain, kemudian dijahit bersamaan. Jahitan flat lock ini banyak digunakan dalam proses produksi baju lari salah satunya karena cenderung tidak menyisakan sekecil apapun sisa material yang bisa bergesekan dengan kulit.

Jahitan FLat Lock

Jahitan FLat Lock

Jenis Jahitan Overlock

Kemudian, ada jahitan overlock yang banyak ditemukan pada bagian samping t-shirt. Kalau dilihat dari luar, pakaian yang dijahit dengan teknik ini akan terlihat rapi karena tidak ada tanda-tanda jahitan. Namun, jahitan tersebut bisa dilihat di bagian dalam, yang notabene akan banyak menempel dengan kulit. Karena itu, ada risiko gesekan yang tinggi dengan jenis jahitan yang satu ini.

Jahitan Overlock

Jahitan Overlock

Jahitan Taped

Jenis jahitan berikutnya adalah jahitan taped alias taped seam, di mana prosesnya melibatkan penggunaan perekat seperti lem atau tape untuk menempelkan kedua lembar kain pola. Dalam proses ini, sebenarnya tidak ada proses jahit sama sekali, sehingga paling ideal dipilih untuk baju running, termasuk pakaian jogging wanita berhijab. Pasalnya, taped seam berarti tidak ada sekecil apapun bagian kain yang bisa berisiko menggesek kulit saat berolahraga.

2. Jenis Kain Untuk Baju Running Wanita

Berbicara soal kenyamanan, tentunya hal ini tidak lepas dari pilihan jenis kain yang digunakan untuk memproduksi baju lari. Mau itu baju lari lengan pendek maupun baju lari lengan panjang untuk yang berhijab sekalipun, jenis kain pasti selalu memengaruhi faktor kenyamanan.

Polyester sendiri merupakan jenis kain yang paling umum digunakan untuk produksi baju atau jersey olahraga, dan baju lari maupun pakaian lari wanita berhijab juga termasuk di dalamnya. Polyester merupakan material yang diturunkan dari minyak dan bukan merupakan serat alami seperti katun. Hanya saja, polyester yang digunakan dalam produksi baju olahraga bukan bahan turunan minyak seperti plastik yang kaku – justru polyester sangat lentur dan punya permukaan lembut, terutama karena tingkat ketebalannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan untuk proses penenunan dalam pembuatan kain.

Kain polyester tidak bersifat menyerap keringat maupun air, sehingga bisa kering dengan cepat. Karena itu, material ini selalu terkandung di dalam baju lari berkualitas tinggi – makin tinggi persentase polyesternya, makin bagus – karena bisa membantu tubuh merasa lebih sejuk dan relatif lebih cepat kering. Bahkan, material ini juga cocok untuk baju lari musim dingin yang bisa mencegah tubuh pelari tidak basah dalam waktu panjang, maupun baju running wanita hijab, termasuk hijab khusus larinya.

Baju Running Bahan Drifit Polyester

Baju Running Bahan Drifit Polyester

Mampu “Bernapas” dan Cepat Kering

Anda barangkali berpikiran kalau kemampuan kain untuk “bernapas” karena adanya pori-pori pada strukturnya serta kecepatan kain dalam mengeringkan diri sebenarnya adalah hal yang sama. Padahal, keduanya sebenarnya adalah hal yang berbeda.

Kemampuan kain untuk “bernapas” alias breathability mengacu pada kemampuannya untuk mengalirkan udara melalui serat-serat kain sehingga keringat dapan menguap dari dalam ke luar. Biasanya, kain untuk baju running wanita yang punya kemampuan breathability yang baik memiliki fitur mesh paneling atau terbuat dari kain yang tipis sehingga udara bisa mengalir dengan lebih mudah.

Sementara itu, kecepatan keringnya kain alias drying speed berkaitan dengan aliran air atau keringatnya itu sendiri. Lebih jelasnya lagi, drying speed berhubungan dengan kemampuan serat kain dalam “memindahkan” keringat dari dalam ke luar kain melalui baju yang dikenakan, agar bisa cepat kering begitu terpapar sinar matahari dan angin. Hal ini bisa dipengaruhi oleh perbedaan ukuran dan bentuk serat pada bagian dalam dan luar baju olahraga wanita, atau oleh serat yang memang bisa menyerap keringat di dalam untuk kemudian “ditarik” keluar melalui serat kain yang ada di sisi luar.

Drying speed inilah salah satu faktor yang membuat polyester menjadi material kain yang paling ideal untuk baju olahraga, termasuk baju running wanita. Pasalnya, katun, nilon, maupun wol bisa menyerap air atau keringat sehingga baju akan terus-menerus basah dan semakin basah jika Anda berlari makin lama. Sementara itu, kain polyester yang benar-benar berkualitas hanya akan terasa lembap meskipun Anda berlari jauh dan banyak berkeringat sekalipun.

drifit jala erbin

drifit jala erbin

Fitur Tambahan pada Baju Running Wanita

Tak jarang fitur dianggap sekadar jadi tambahan ekstra yang jadi pertimbangan nomor dua, atau malah nomor sekian. Padahal, sebenarnya ada beberapa fitur penting pada baju lari yang sangat penting untuk diketahui dan lebih baik lagi untuk dimiliki pada baju lari pilihan Anda, lho!

Fitur-fitur tambahan yang penting tersebut secara keseluruhan terdiri atas tiga jenis: pengendali bau, UPF rating, dan kemampuan kain dalam memantulkan cahaya (reflectivity).

Secara umum, baju olahraga yang berkualitas tinggi punya fitur pengendali bau yang sangat baik demi mencegah bau keringat menempel pada kain. Pasalnya, kain polyester yang buruk rupanya mampu menahan bau keringat sampai akhirnya bau tersebut susah dihilangkan, tak peduli berapa kali Anda mencucinya.

UPF rating alias peringkat Ultra-Violet Protection Factor mirip seperti rating SPF pada sunscreen atau tabir surya untuk kulit. Banyak produsen yang menggunakan kain atau pewarna baju khusus yang mampu meningkatkan UPF agar kain mampu menyaring jumlah sinar UV dan jumlahnya yang mengenai kulit bisa ditekan seminimal mungkin.

Sementara itu, reflectivity lebih berkaitan pada adanya sablon atau logo pada baju lari yang punya sifat mudah memantulkan cahaya. Dengan demikian, jika Anda berlari di malam hari, risiko Anda tertabrak pengguna jalan lain bisa diminimalisir – anggap saja fitur ini seperti lampu pada kendaraan.

Nah, itulah beberapa pertimbangan penting yang perlu Anda ketahui dan pahami terkait dengan pemilihan baju running wanita, terutama dari segi material kainnya. Anda juga perlu mempertimbangkan poin-poin tersebut termasuk ketika Anda akan membuat baju lari sendiri, lho! Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Running, Kaos, Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait : baju running wanita, pakaian jogging wanita berhijab, baju lari wanita hijab, pakaian lari wanita berhijab, baju running wanita hijab, baju atletik lari, baju atlet lari, baju lari lengan panjang, baju olahraga wanita

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: