Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Mengenal Jenis Bahan Jersey Printing dan Keunggulan Sablon Printing

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Mengenal Jenis Bahan Jersey Printing dan Keunggulan Sablon Printing

Salah satu teknik penyablonan yang paling populer digunakan dalam pembuatan jersey olahraga adalah sablon printing atau sablon printing sublimasi. Apabila Anda tertarik memilih teknik ini, Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa ada beberapa hal penting yang perlu perhatikan dalam teknik penyablonan yang satu ini untuk mendapatkan hasil yang sempurna seperti yang Anda inginkan.

Salah satunya adalah pemilihan jenis bahan jersey printing yang tepat. Sebab, jika Anda rupanya keliru memilih bahan jersey, proses penyablonan tidak akan bisa memberikan hasil yang maksimal. Bahkan, bisa jadi jersey Anda tidak akan bisa disablon sama sekali karena tidak sesuai dengan sablon printing.

Jenis Bahan Jersey Printing

Jenis Bahan Jersey Printing

Pada dasarnya, jenis bahan jersey printing yang tepat untuk sablon printing adalah polyester. Dan karena kain polyester memiliki beragam jenis, Anda sebenarnya bisa menggunakan kain-kain tersebut selama kain yang Anda pilih masih merupakan jenis polyester. Contohnya bahan dryfit printing serta beragam macam macam kain dri fit lainnya. Untuk penjelasan lebih lengkap, simak ulasannya berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Apakah Kain Harus 100% Polyester?

Secara teori, sebenarnya konveksi manapun yang menyediakan jasa sablon printing merekomendasikan kain yang mengandung setidaknya 60% kandungan polyester. Artinya, terlepas dari apakah Anda akan memesan jersey printing Bekasi, Jakarta, Yogyakarta, maupun Bali, jika Anda memilih kain dengan serat campuran seperti campuran polyester-katun, kain tersebut tetap bisa digunakan selama kandungan serat polyesternya adalah minimal 60%.

Tinggi Persentase Kandungan Polyeaster Sangat Berpengaruh

Hanya saja, Anda juga perlu memerhatikan bahwa makin tinggi persentase kandungan polyester yang terdapat di dalam kain, makin maksimal hasil sablon yang bisa Anda peroleh. Dengan demikian, apabila Anda menginginkan hasil sablon yang optimal hingga 100%, kain yang juga 100% polyester jelas merupakan pilihan yang paling ideal

Hal tersebut dikarenakan jenis tinta yang digunakan dalam teknik sablon printing, termasuk untuk jersey printing murah sekalipun, berbeda dengan tinta yang biasa digunakan untuk printing kertas. Pada tinta printing biasa, yang digunakan adalah set tinta CMYK alias Cyan, Magenta, Yellow (Kuning), dan Black (Hitam). Sebab, tinta yang digunakan dalam teknik sablon printing adalah set pewarna atau dye CMYO, alias Cyan, Magenta, Yellow, dan Over print clear. Nama “warna” yang terakhir nantinya akan menjadi hitam ketika sudah dicetak di atas kertas transfer sublimasi.

Setelah itu, begitu desain dicetak di atas kertas transfer, sisi kertas dengan cetakan desain ditempel menghadap pada sisi kain yang akan disablon. Kemudian, proses penyablonan dilakukan, di mana kertas transfer dan kain akan diproses menggunakan mesin dengan roller yang panasnya sudah diatur sampai di atas 190 derajat Celcius. Tujuannya adalah agar pewarna pada kertas transfer menyublim, yaitu berubah bentuk menjadi gas tanpa melalui proses wujud cair terlebih dahulu. Proses ini juga bertujuan untuk membuka sel-sel polymer pada kain agar bisa menerima pewarna berwujud gas tersebut.

Begitu proses sudah selesai, kain yang disablon akan mendingin dan sel-sel polymernya akan menutup kembali. Dengan begitu, warna dari gambar desain di kertas transfer yang “diserap” oleh kain pada tahap sebelumnya akan terkunci di kain sesuai desain yang dibuat.

Kumpulan Desain Jersey Futsal

Apa Saja Bahan Kaos Lari yang Bagus, Nyaman, dan Berkualitas? Ini Dia Jawabannya!

Pilih Mana, Bahan Katun atau Polyester untuk Jersey Badminton Anak?

Custom Jersey Futsal Dengan Desain Semau Kamu

Semakin Tinggi Kandungan Polymer (Polyester) Di Dalam Kain, Makin Bagus Hasil Sublimasi

Tanpa adanya konstruksi sel pada kain polyester dan karakteristik polymer-nya, mustahil untuk melakukan penyablonan dengan teknik sablon printing atau sublimasi ini. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa makin tinggi kandungan polymer (polyester) di dalam kain, makin bagus hasilnya. Jadi, konveksi jersey printing akan sangat merekomendasikan kain yang 100% polyester, tapi hal tersebut bukanlah syarat wajib.

Dan karena itulah, Anda tetap bisa menyablon bahan drifit Milano maupun bahan jersey polymesh dengan sablon sublimasi karena keduanya sama-sama mengandung polyester dalam jumlah persentase yang cukup tinggi. Bahkan, Anda juga bisa gunakan bahan kaos bola murah maupun jenis bahan dengan harga bahan jersey bola berapapun selama bahan kain tersebut memenuhi jumlah minimum kandungan polyester.

Jenis Bahan Jersey Printing yang Paling Cocok

Bahan jersey printing terbaik selalu terbuat dari polyeaster. Karena komposisi tersebut sangat mendukung hasil printing yang tajam dan berkualitas. Warna yang dihasilkan juga lkuat sehingga mampu meberikan hasil yang maksimal.

Beberapa kain atau bahan yang mengandung polyester akan kita sebutkan berikut ini.

1. Bahan Jersey Printing Serena

Serena sering digunakan dalam pembuatan baju olahraga. karena memiliki elastisitas yang bagus. memiliki tekstur yang pada dan juga halus membuat bahan ini enak di pakai. Bahan ini juga idak mudah ronyok sehingga tidak perlu di setrika. Harga nya sendiri termasuk jenis bahan yang murah. Sehingga apabila ingin membuat jersye dengan harga murah, bahan ini bisa menjadi pilihan.

 

bahan jersey printing serena

bahan jersey printing serena

2. Bahan Jersey Printing Dryfit atau Drifit

Bahan ini selalu menjadi trending topik dalam pembuatan jersey printing. Menjadi pilihan utama dallam pembuatan jersey atau baju olahraga menjadi hal biasa untuk bahan yang terbuat dari polyester ini. Memiliki pori-pori dan memiliki berbagai macam jenis tekstur luar yang berbeda-beda. Selain itu bahan ini memiklliki elastisitas yang tinggi sehingga sangat cocok untuk pembuatan baju atau kaos olahraga.

Dibalik tekstur luar yang berebeda, bagian dalam kain ini memiliki tekstur yang halus, sehingga enak di pakai. Jenis tektur luar juga yang membedakan jenis drifit satu dengan lainnya.

Drifit sendiri sebenarnya merupakan jenis kain yang di keluarkan nike. Jadi bahan ini memiliki hak paten dari nike. Namun pabrik di indonesia juga memproduksi jenis kain yang sama dan diedarkan dengan nama yang sama.

Bahan drifit yang beredar di indonesia merupakan hasil produksi dalam negeri. jenis tektur luarnya mengikuti apa yang di keluarkan oleh Nike sendiri. Beberapa jenis kain drifit yang beredar di indonesia saat ini.

Drifit atau Dryfit Milano / Zigzag

Kain ini memiliki tekstur seperti zig zag. Sering digunakan dalam pembuatan jersye printiing seperti jersye futsal, baju sepeda, kaos lari dan sebagainya.

sangat cocok untuk berbagai macam jenis baju olahraga apalgi yang menggunakan sublimasi atau printing dalam pembuatannya.

Jenis bahan jersey printing dryfit milano

Jenis bahan jersey printing dryfit milano

Dryfit Dot Micro atau Jarum

Kain ini memiliki tekstur seperti lubang jarum yang kecil. mampu mensirkulasikan keringat dengan baik. dan termasuk jenis kain yang ringan sehingga enak di pakai terutama dalam kegiatan olahraga.

Kegiatan dengan aktifitas tinggi memang cocok menggunakan bahan seperti ini, Memiliki elastisitas tinggi dan ringan.

bahan drifit dot micro untuk kaos tim bola

Jenis Bahan Jersey Printing Drifit Lacoste

Apabila anda ingin membuat polo dengan bahan drifit atau bahan jersey printing maka drifit lacoste bisa menjadi pilihan. Bahan ini memiliki tekstur layaknya kain polo atau kain lacoste.

Bedanya dengan kain lacoste pada umumnya, bahan ini dibuat layaknya drifit yang tipis dan berbahan dasar polyester sehingga cocok untuk dilakukan sablon printing atau sublimasi pada bahan ini.

Bahan Dirifit Polymesh atau Super atau Mtiis

Kain ini agak tebal dan memilki tekstur pori lebih memanjang dibanding jenis kain dryfit dot micro. Masih sering dijumpai di pasaran sehingga bisa menjadi pilihan dalam pembuatan jersey printing.

Drifit Super Bahan Jersey Printing

Drifit Super Bahan Jersey Printing

 

 

Keunggulan Sablon Sublimasi

Akan tetapi, mengapa Anda perlu mempertimbangkan teknik sablon sublimasi untuk jersey olahraga Anda? Tentu saja karena sablon sublimasi memiliki begitu banyak keunggulan seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Warna yang tahan lama.

Sablon printing sublimasi bisa memberikan hasil sablon dengan warna yang bisa bertahan sangat lama. Bahkan, apabila dibandingkan dengan teknik-teknik sablon lainnya, warna dari sablon printing malah yang bisa bertahan paling lama. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan teknil sablon printing yang bukan hanya untuk sablon jersey olahraga saja, tapi bahkan juga untuk membuat bendera nasional. Pasalnya, hasil dari sablon printing juga tahan angin.

hasil sublimasi atau sablon printing

hasil sublimasi atau sablon printing

2. Teknik sablon terbaik.

Tak perlu diragukan lagi bahwa sablon printing sublimasi adalah teknik penyablonan terbaik yang ada saat ini, termasuk untuk baju. Pasalnya, teknik ini tidak menghasilkan adanya penumpukan tinta atau pewarna yang malah bisa menyumbat pori-pori kain dan membuat keringat tidak bisa menguap dengan sempurna.

3. Warna tidak mudah pudar.

Keunggulan lainnya dari sablon printing adalah warna yang dihasilkan tidak akan cepat pudar, bahkan jika Anda rajin mencuci jersey printing Anda. Bahkan, warna pada kain dapat terus bertahan dan akan selalu terlihat cerah ketika Anda menjemur jersey langsung di bawah paparan sinar matahari sekalipun. Hal ini tentu berbeda dengan kaos atau kemeja katun, yang warnanya akan mudah memudar jika dijemur di bawah sinar matahari langsung. Bahkan, warna pada kain katun secara perlahan juga akan terus memudar sekalipun Anda menjemurnya di tempat yang teduh sekalipun.

4. Warna yang cerah.

Salah satu keunggulan lainnya dari teknik sablon prnting adalah hasil warnanya yang sangat cerah. Hanya saja, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seberapa maksimal hasil sablon tentunya sangat bergantung pada seberapa banyak kandungan serat polymer di dalam jenis bahan jersey printing yang Anda gunakan. Meski begitu, pada dasarnya sablon printing memang bisa memberikan hasil warna yang relatif lebih cerah dibandingkan teknik sablon lainnya.

Hal ini dikarenakan proses penyablonan di mana pewarna diubah ke dalam wujud gas selama proses transfer panas yang dilakukan dengan bantuan mesin. Dengan begitu, warna-warna yang terdapat pada desain dapat berbaur satu sama lain dan menghasilkan sablon dengan kualitas warna yang setara dengan kualitas fotografi.

Dan karena alasan ini pula, tak heran jika desain jersey yang menggunakan warna gradasi atau memiliki detail motif tertentu yang tajam sekalipun bisa diwujudkan secara sempurna lewat teknik sablon printing ini. Bisa dibilang, keunggulan sablon printing yang satu ini tidak bisa ditandingi oleh teknik-teknik sablon lainnya.

Itulah penjelasn terkait dengan sablon printing dengan kandungan serat polyester di dalam kain yang akan disablon, serta berbagai keunggulan utamanya. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda memahami dengan lebih baik apa jenis bahan jersey printing yang tepat.

Jika Anda Ingin Membuat Jersey printing dan kaos atau baju printing Lainnya yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau. Silahkan Hub Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

kata terkait : jenis bahan baju printing, bahan kaos printing, bahan jersey polymesh, bahan dryfit printing, macam-macam kain dri fit, bahan kaos bola murah, jersey printing murah,, bahan drifit milano, harga bahan jersey bola, jersey printing bekasi

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: