Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Pilih Mana, Bahan Katun atau Polyester untuk Jersey Badminton Anak?

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Pilih Mana, Bahan Katun atau Polyester untuk Jersey Badminton Anak?

jersey badminton anak

Polyester merupakan salah satu jenis kain sintetis paling populer yang digunakan dalam proses produksi pakaian. Kain ini dapat digunakan di dalam berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian sehari-hari sampai jersey olahraga, termasuk jersey badminton anak. Hanya saja, untuk jenis pakaian yang berbeda, kandungan campuran serat polyester yang digunakan juga bervariasi. Hal ini bertujuan untuk menjaga fungsionalitas dan kenyamanan pakaian ketika dikenakan.

Nah, dalam produksi pakaian olahraga seperti jersey sepakbola, basket, maupun badminton, Anda bisa temukan berapa kandungan polyester yang tertera pada label pakaian. Kandungan ini dicantumkan dalam persentase, misalnya 100% polyester. Apabila  baju badminton anak yang Anda beli dibuat dari campuran dua serat, persentase kandungan kedua jenis serat tersebut akan dicantumkan pada label.

baju badminton anak

baju badminton anak

Selain polyester, ada pula kain katun yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai serat alami yang nyaman, sejuk, dan halus. Bahkan, tak sedikit pula yang menggunakan kaos berbahan katun untuk baju olahraga karena beranggapan bahwa kenyamanan jenis kain ini bisa dirasakan selama berolahraga.

Akan tetapi, apakah benar bahwa katun juga ideal dikenakan untuk berolahraga? Dan kapankah waktu yang tepat bagi anak untuk mengenakan jersey badminton anak dari polyester maupun dari katun? Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kain tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Kain Polyester dan Proses Pembuatannya

Anda barangkali sudah tahu kalau kain polyester adalah bahan sintetis yang terbuat dari plastik, alias produk samping dari minyak. Serat-serat polyester dibuat melalui proses pemintalan (spinning) yang akan menghasilkan filamen polyester. Filamen-filamen tersebut nantinya kemudian ditenun menjadi lembaran kain yang digunakan untuk membuat pakaian, termasuk jersey olahraga. Apalagi, berbagai karakteristik polyester memang membuatnya sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk baju olahraga.

Pada masa ini, pembuatan kain polyester dengan menggunakan botol plastik sudah tak lagi sulit dilakukan berkat perkembangan dan inovasi teknologi. Hal ini membuat polyester sebagai jenis kain yang dapat dibuat dengan mendaur ulang sampah plastik.

Drifit Milano Merupakan Bahan Dari Polyester

Drifit Milano Merupakan Bahan Dari Polyester

Kain Katun dan Proses Pembuatannya

Katun bisa dibilang merupakan jenis kain yang paling populer di dunia. Apalagi, jenis kain yang satu ini sudah digunakan selama lebih dari 7.000 tahun. Katun berasal dari serat-serat alami (natural) tanaman katun, dengan karakteristik utamanya adalah nyaman dan lembut.

Serat-serat katun yang lembut dipintal menjadi benang, yang kemudian bisa digunakan untuk membuat beragam jenis pakaian, bahkan kebutuhan rumah tangga seperti tirai dan sprei. Sebagai kain baju, karakteristik katun sebenarnya membuat kain ini paling ideal digunakan untuk pakaian kasual.

Seiring dengan berjalannya waktu, proses pembuatan katun telah menuai kritik dan kontroversi. Pasalnya, meskipun katun merupakan produk natural, proses pembuatannya sangat bergantung pada air dan bahan kimia. Bahkan, organisasi alam dunia World Wildlife Fund (WWF) telah menekankan berulang-ulang dampak dari manufaktur katun terhadap polusi air dan erosi tanah.

bahan kaos dari katun

bahan kaos dari katun

Baca Juga :

Jenis-Jenis Sablon Baju Badminton dan Kelebihannya yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Polyester Digunakan untuk Baju Olahraga Termasuk Jersey Badminton Anak?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berbagai karakteristik kain polyester membuat bahan ini sangat ideal digunakan sebagai bahan untuk baju olahraga. Pasalnya, ada beberapa keunggulan utama dari polyester yang membuatnya sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian olahraga, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Ketahanan kain.

Salah satu alasan utama mengapa polyester merupakan pilihan favorit untuk baju olahraga, termasuk jersey badminton anak, adalah kekuatan dan ketahanan kain yang sangat tinggi. Di samping itu, polyester juga memiliki sifat higroskopis yang rendah – pada dasarnya, ini berarti bahwa kekuatan basah dan kering polyester bisa dikatakan sama.  

Karena kekuatan serat polyester yang tinggi, kain ini pun bisa menahan pergerakan yang kuat dan repetitif (berulang-ulang), yang merupakan hal lumrah dalam berolahraga. Dengan begitu, jersey polyester pun bisa lebih tahan lama. Apalagi, kain ini juga punya ketahanan tinggi terhadap gesekan, sehingga tidak mudah rusak walaupun sering dicuci sekalipun.

2. Elastisitas tinggi cocok untuk olahraga atau Jersey badminton.

Salah satu karakteristik utama polyester yang membuatnya menjadi pilihan unggul untuk baju olahraga adalah elastisitasnya yang menakjubkan. Ketika serat polyester ditarik, serat akan kembali ke bentuk semula. Dan mirip seperti keunggulannya yang sudah dibahas sebelumnya, elastisitas ini membuat polyester cocok dikenakan untuk membuat gerakan repetitif tanpa gangguan, seperti saat berolahraga.

Di samping itu, kekuatan tensil kain yang tinggi membuatnya tidak mudah kusut, lho! Faktor ini adalah salah satu alasan lainnya mengapa jersey badminton anak polyester tidak perlu diseterika setelah dicuci dan dijemur sampai kering. Sebab, kekuatan tensil yang tinggi berarti kain ini bisa mempertahankan bentuknya setiap kali dicuci.

jersey badminton anak

jersey badminton anak

3. Tidak menyerap air.

Anda barangkali bertanya-tanya, mengapa polyester yang tidak bisa menyerap air malah cocok digunakan sebagai bahan jersey badminton anak? Nah, seperti yang sudah Anda ketahui, berolahraga berarti membuat tubuh berkeringat, dan jumlah keringat meningkat seiring dengan makin lama olahraga dilakukan, atau makin intens aktivitasnya.

Jadi, bayangkan jika Anda harus terus berkeringat selama berlatih badminton, sambil mengenakan baju yang menyerap semua keringat tersebut. Baju dan badan jadi basah kuyup, dan rasanya pasti tak nyaman, kan? Hal ini juga dirasakan anak jika baju badminton yang ia kenakan justru menyerap keringat.

Sementara itu, polyester punya sifat alami hidrofobik, alias tidak menyerap air. Bahkan, kemampuannya menyerap kelembapan hanyalah 0,4%. Sementara itu, kain katun punya nilai penyerapan kelembapan sebesar 8%. Jadi, polyester tidak akan mengganggu kenyamanan dan pergerakan selama berolahraga karena kain ini tidak akan menyerap atau menahan keringat sama sekali.

4. Menguapkan kelembapan.

Selain tidak menyerap air maupun keringat, polyester juga bisa “menguapkan” kelembapan, termasuk yang berasal dari keringat. Sebab, keringat tidak akan tertahan pada serat-serat kain, dan justru akan langsung terbawa ke sisi luar baju sehingga keringat bisa menguap dengan lebih cepat.

5. Berat kain yang ringan.

Badminton adalah salah satu olahraga yang paling cepat dan menuntut pergerakan yang tinggi. Karena itu, jersey badminton anak yang Anda pilih jelas tidak boleh mengganggu kecepatan dan mobilitas anak, termasuk dari bobot baju yang terasa berat. Untungnya, polyester adalah kain yang sangat ringan ketika dikenakan sebagai jersey olahraga, termasuk jersey badminton. Jadi, tubuh bisa jauh lebih bebas bergerak selama di lapangan.

Kekurangan Polyester Untuk Jersey Badminton Anak

Meski demkian, polyester nyatanya tidak sesempurna itu. Kain ini juga punya beberapa kekurangan, seperti:

  • Tidak memiliki sifat anti-bakteri, yang biasanya dimiliki oleh serat-serat alami. Karena itu, polyester berisiko menjadi tempat berkembangnya bakteri yang bisa memicu bau tak sedap.
  • Polyester tidak selembut katun, wol, atau serat-serat alami lainnya ketika bersentuhan dengan kulit.

Kesimpulan

Apabila selama ini Anda bertanya-tanya mengapa merek-merek perlengkapan olahraga ternama selalu menggunakan polyester sebagai material untuk jersey, celana olahraga, maupun jaket, sekarang Anda sudah mendapatkan jawabannya, kan?

Polyester merupakan material yang sangat kuat sehingga bisa menahan gerakan berulang-ulang, punya elastisitas tinggi, tidak menyerap keringat, dan lebih cepat kering bahkan saat tubuh terus-menerus berkeringat selama berlatih atau bertanding. Kain polyester juga sangat ringan, sehingga tidak membebani tubuh. Terlepas dari beberapa kekurangannya, polyester nyatanya tetap jadi pilihan terbaik untuk baju olahraga, termasuk untuk jersey badminton anak.

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Bulutangkis, Kaos, Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait :  baju badminton anak, jersey badminton anak, kaos badminton anak, tempat bikin baju badminton

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: