fbpx
Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Custom Baju Basket Jogja: Katun atau Polyester, Pilih yang Mana?

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Custom Baju Basket Jogja: Katun atau Polyester, Pilih yang Mana?

desain baju basket jogja terbaik

Ketika Anda custom baju basket Jogja, desain saja bukanlah satu-satunya pertimbangan yang wajib Anda perhatikan. Sebab, Anda juga harus memerhatikan jenis kain yang digunakan serta kualitasnya. Apalagi, jenis kain tertentu memang terbukti memengaruhi performa atlet saat berolahraga.

Di samping itu, Anda pun barangkali sudah mengamati bahwa ada jenis kain tertentu yang sangat populer digunakan sebagai bahan untuk jersey, termasuk jersey basket Jogja. Kalau Anda belum yakin, Anda bisa cek di berbagai toko jersey di Jogja atau kota-kota lainnya.

Memilih Kain Katun untuk Custom Baju Basket Jogja

Selama ini, katun telah lama dikenal akan kualitasnya yang sangat baik sehingga sangat disukai oleh masyarakat. Penggunaan jenis kain yang satu ini juga sangat umum ditemukan untuk berbagai jenis pakaian, seperti kemeja, t-shirt, hingga dress sekalipun.

Katun tak hanya nyaman, tapi juga mudah dicuci dan dirawat. Bergantung pada jenisnya, kain katun juga samal sekali tidak mahal. Meski demikian, apakah katun adalah pilihan kain yang tepat untuk berolahraga?

Rupanya, jawabannya adalah tidak. Untuk memahami apa alasannya, Anda terlebih dahulu perlu memahami proses termoregulasi, atau bagaimana tubuh mengatur panas, serta pentingnya proses ini.

Termoregulasi sendiri adalah proses di mana pusat termorgulasi yang ada pada hipotalamus di otak menyesuaikan suhu tubuh sesuai dengan perubahan. Dengan kata lain, begitu suhu tubuh meningkat saat seseorang berolahraga, sistem termoregulasi akan membantu mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal dengan cara membuang panas dari tubuh.

buat baju basket jogja

buat baju basket jogja

Nah, agar panas tersebut dapat dikeluarkan, tubuh Anda harus bisa “mengakses” lingkungan luar. Artinya, badan Anda tidak boleh terhalangi oleh apapun, termasuk pakaian. Pasalnya, panas dari seluruh tubuh akan dibawa melalui darah dan kulit, dan akhirnya dikeluarkan ke lingkungan sekitar.

Sementara itu, pakaian bisa jadi bekerja sebagai penghantar panas (konduktor). Artinya, panas bukannya dikeluarkan dari dalam tubuh, tapi malah ditransfer dari kain ke kulit. Oleh karena itu, Anda barangkali bisa menyadari bahwa jika Anda memakai kaos katun atau T-shirt saat berolahraga, badan Anda malah terasa panas dan gerah terus-terusan.

Sementara itu, cara utama tubuh mengatur suhunya adalah dengan berkeringat, dan keringat tersebut perlu menguap. Anda tentu sudah tahu kan bahwa ketika tubuh Anda merasa lebih panas, keringat yang diproduksi akan jadi lebih banyak? Sebenarnya, proses ini akan membantu mendinginkan tubuh Anda.

Akan tetapi, agar keringat bisa mendinginkan tubuh, keringat juga harus menguap dari kulit. Keringat yang tetap tinggal pada kulit tidak akan menurunkan suhu tubuh sama sekali. Oleh karena itu, semakin tertutup tubuh Anda oleh pakaian saat berolahraga, semakin sulit pula bagi keringat untuk menguap. Akibatnya, tubuh Anda tidak kunjung menurun suhunya alias terus-terusan panas.

Bukankah Katun Menyerap Keringat?

Anda barangkali masih tetap bersikukuh untuk custom baju basket Jogja dari katun dengan alasan bahwa kain katun menyerap keringat. Memang benar bahwa katun bisa menyerap keringat, tapi keringat yang diserap tidak menguap keluar. Justru keringat akan tetap tinggal pada kain, sehingga kain jadi basah kuyup.

Oleh karena itu, kain katun tidak memiliki karakteristik yang disebut sebagai moisture-wicking. Karakteristik ini sendiri mengacu pada sifat kain yang mampu menarik keringat dari kulit agar cepat menguap sehingga baik kain maupun kulit tidak basah atau lembap selama berolahraga. Dan karakteristik tersebut sangat penting Anda perhatikan ketika memilih kain untuk buat jersey basket Jogja custom.

Nah, berkebalikan dari katun, kain sintetis justru bersifat moisture-wicking. Dengan begitu, keringat pun akan kering dengan lebih cepat. Sebab, kain sintetis lebih mampu menarik keringat dari kulit dan membawanya keluar dari kain agar keringat bisa menguap di luar.

Dengan demikian, kain sintetis lebih cocok digunakan sebagai bahan untuk custom baju basket Jogja. Sebab, jenis kain seperti ini sama sekali tidak memerangkap keringat pada kain. Justru kain ini akan melepaskan keringat dari serat-seratnya, sehingga keringat pun bisa menguap, yang merupakan proses penting dalam membantu tubuh menurunkan suhunya agar kembali ke suhu normal.

katun untuk custom baju basket

katun untuk custom baju basket

Kalau Begitu, Pilih Kain Apa untuk Custom Baju Basket?

Sebenarnya, ada banyak jenis kain yang bisa Anda pilih untuk jersey basket custom Anda, kok. Banyak dari jenis-jenis tersebut merupakan kain sintetis, seperti yang banyak Anda temukan di berbagai toko jersey basket Jogja dari beragam merek ternama dunia.

Di samping itu, ada juga jenis-jenis kain campuran yang juga mengandung katun. Tujuannya adalah agar kain terasa lebih nyaman saat dikenakan. Di samping itu, kain katun juga secara alami punya sifat antibakteri dan antibau, sehingga nanti bakteri maupun bau tak sedap dari keringat tidak akan mudah melekat pada jersey.

Kalau begitu, apakah memilih material kain dengan kandungan katun tetap direkomendasikan? Secara garis besar, jenis kain seperti ini sah-sah saja selama kandungan katunnya bukan mayoritas. Biasanya, jenis kain seperti ini mencampurkan polyester dengan katun, atau polyester dan nylon dengan katun.

Jenis kain lain yang bisa Anda pilih misalnya campuran polyester, rayon, nylon, spandex, hingga wol. Tapi, apapun jenis kain yang Anda pilih, pastikan kain tersebut moisture-wick, ya! Karena sekali lagi, ingat bahwa sifat kain yang seperti ini sangat penting dalam proses termoregulasi. Dan dengan menjaga suhu tubuh, Anda pun bisa terus berolahraga dengan nyaman tanpa terganggu oleh keringat atau rasa gerah terus-terusan.

bahan yang cocok untuk custom baju basket

bahan yang cocok untuk custom baju basket

Kesimpulan

Meski demikian, masih banyak orang yang lebih memilih katun, bahkan untuk baju olahraga mereka seperti custom baju basket Jogja. Alasannya bermacam-macam, termasuk mereka yang sengaja memang ingin membuat tubuhnya terus-terus berkeringat untuk menurunkan berat badan dengan lebih efektif, meskipun cara ini tidak memiliki dukungan teori secara ilmiah.

Akan tetapi, pada situasi umum, mengenakan jersey olahraga dari kain sintetis adalah pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan katun. Apabila Anda masih juga ragu sampai sekarang, Anda bisa coba buktikan sendiri saat berolahraga dan bandingkan perbedaannya – memaksakan diri memakai kaos katun justru akan membuat baju Anda basah total, badan Anda jadi tidak nyaman karena gerah, dan performa Anda jadi menurun.

desain jersey basket

desain jersey basket

Catat juga bahwa pemilihan kain ini tidak hanya berlaku untuk custom baju basket Jogja saja, tapi juga celana, kaos kaki, bahkan hingga pakaian dalam. Dengan begitu, baru Anda bisa berolahraga dengan benar-benar nyaman tanpa terganggu keringat.

Terlebih lagi bagi Anda yang punya kulit sensitif sehingga sering mengalami iritasi saat Anda berkeringat. Karena karakteristiknya, kain sintetis bisa bantu Anda mengurangi risiko iritasi ini.

Ditambah lagi, kain sintetis terutama polyester sangat cocok untuk disablon dengan sablon sublimasi yang hasilnya sangat unik dan menarik. Kalau Anda melihat jersey custom dengan desain yang benar-benar kreatif dari depan sampai belakang di konveksi jersey basket Jogja, tak diragukan lagi jersey tersebut pasti dari kain polyester.

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Olahraga, Baju Futsal, Basket, Voli, Running,  Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait : jersey basket jogja, jual jersey basket jogja, sewa jersey jogja, toko jersey di jogja, toko jersey basket jogja, buat jersey basket jogja, konveksi jersey basket jogja, custom baju basket jogja.

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: