Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Agar Bersih dan Awet, Ikuti 8 Cara Mencuci Jersey Sepeda Ini, Yuk!

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Agar Bersih dan Awet, Ikuti 8 Cara Mencuci Jersey Sepeda Ini, Yuk!

cara mencuci jersey sepeda

Anda pasti sudah tahu bahwa kualitas jersey sepeda memang ditunjukkan dari harganya. Karena tuntutan aktivitas dengan mobilitas tinggi dan durasi yang panjang, jersey sepeda idealnya memiliki beberapa karakteristik utama yang membuatnya dijamin nyaman saat dikenakan selama Anda mengayuh sepeda Anda di berbagai jenis medan sekalipun.

Meski demikian, Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat agar Anda bisa menjaga kualitas dari jersey sepeda Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan cara mencuci jersey sepeda yang tepat, termasuk ketika Anda menggunakan mesin cuci sekalipun.

jersey sepeda mtb

jersey sepeda mtb

Kalau begitu, seperti apa ya cara mencuci jersey sepeda yang benar agar jersey Anda selalu awet dan kualitasnya senantiasa terjaga? Tanpa buang banyak waktu lagi, yuk simak 8 tips mencuci jersey sepeda berikut ini!

Oh iya, tips ini lebih mendetail soal cara mencuci jersey sepeda dengan mesin cuci. Hanya saja, Anda juga bisa menerapkannya jika Anda mencuci jersey Anda secara manual alias dengan tangan, kok.

Tips Mencuci Jersey Sepeda agar Selalu Bersih dan Awet

1. Cuci dalam siklus lembut (delicate cycle).

Sebenarnya, memilih antara mencuci jersey sepeda dengan mesin cuci atau mencucinya secara manual lebih berkaitan dengan urusan selera. Misalnya, Anda mungkin lebih memilih mencuci jersey sepeda dengan mesin cuci, tapi memilih mencuci celananya secara manual. Perbedaannya sebenarnya juga tidak terlalu signifikan, terutama jika Anda mencuci jersey sepeda Anda dalam siklus lembut. Karena karakteristik kain jersey sepeda – terutama jersey yang benar-benar berkualitas – cenderung lembut, pengaturan siklus reguler atau yang heavy justru bisa merusak jersey Anda.

Baca Juga :

Ingin Bikin Jersey Sepeda Custom? Simak Tips dan Triknya di Sini Dulu, Yuk!

2. Pisahkan baju jersey sepeda Anda dengan baju lainnya.

Tips ini terdengar remeh, tapi jika Anda sepelekan, efeknya bisa sangat merugikan Anda, lho. Bahkan, Anda juga tidak semestinya mencampur semua baju sepeda Anda, dari jersey sampai celana, kaos kaki, dan bahkan sarung tangan, dan mencucinya secara bersamaan. Serupa dengan ketika Anda akan mencuci baju seperti biasanya, pisahkan juga jersey sepeda Anda yang berwarna dengan jersey yang berwarna putih. Dengan demikian, Anda bisa mencegah risiko kelunturan atau jersey sepeda yang putih jadi kusam.

3. Selalu tutup ritsletingnya ketika mencuci jersey sepeda.

Satu lagi hal yang kelihatannya sepele, tapi wajib diperhatikan ketika akan mencuci jersey sepeda, terutama dengan mesin cuci: pastikan bahwa ritsleting pada jersey sudah ditutup, atau ditarik full sampai ke atas. Mengapa?

Jika ritsleting jersey sepeda Anda dibiarkan terbuka dan Anda mencucinya di mesin cuci bersama dengan jersey lainnya, ritsleting yang terbuka tersebut bisa nyangkut di baju-baju lainnya. Bukan hanya nyangkut, kain baju yang tersangkut di ritsleting tersebut juga bisa robek, lho! Tentu Anda tidak ingin jersey Anda yang mahal dan bagus itu rusak hanya karena keteledoran yang sesepele ini, kan?

Oh iya, Anda juga sangat dianjurkan untuk membalik dulu jersey sepeda Anda sebelum mencucinya. Jadi, sisi luar baju akan ada di dalam, sementara sisi dalam baju akan ada di luar saat dicuci. Cara ini juga bisa menghindari risiko tersangkutnya kain baju pada ritsleting, yang bisa mengakibatkan robek.

cara mencuci jersey sepeda

cara mencuci jersey sepeda

4. Jangan gunakan sabun cuci dengan pewangi atau parfum.

Berbeda dengan ketika Anda mencuci baju lain, seperti kemeja untuk ke kantor atau kaos t-shirt, Anda tidak perlu menggunakan pewangi ketika mencuci jersey sepeda – hal ini juga berlaku untuk deterjen atau sabun cuci dengan kandungan pewangi atau parfum. Bahkan, penggunaan pewangi saat mencuci jersey olahraga pada dasarnya wajib dihindari. Malah, sebaiknya Anda pilih deterjen yang biasa saja, terutama deterjen konsentrat, bukannya deterjen cair.

Ketika mencuci jersey sepeda dengan mesin cuci, masukkan jersey ke dalam tabung, lalu isi dengan air bersih. Campur dengan deterjen – selalu tambahkan deterjen setelah Anda menuangkan air. Dengan cara mencuci jersey sepeda yang seperti ini. Anda bisa menghindari risiko penyumbatan residu pada kain jersey Anda. Sebab, kain khusus untuk jersey yang berkualitas secara khusus didesain agar mamu mengatur sirkulasi keringat dengan baik, sehingga tubuh bisa selalu terasa kering dan sejuk meskipun Anda masih berkeringat di atas sepeda.

Selain pewangi pakaian, Anda juga perlu menghindari penggunaan pelembut kain. Pasalnya, pelembut kain juga bisa menyebabkan penumpukan residu pada kain jersey sepeda Anda.

5. cara mencuci jersey sepeda dengan menggunakan air dingin.

Anda barangkali masih bingung apalah Anda perlu menggunakan air panas, hangat, atau dingin ketika mencuci jersey sepeda. Nah, jawaban apa yang benar, ya?

Untuk mencuci jersey sepeda, termasuk jersey olahraga pada umumnya, gunakan air dingin atau air hangat, dan hindari air panas. Dan apabila Anda masih melihat adanya sisa-sisa sabun setelah Anda membilas jersey sepeda Anda, bilas sekali lagi menggunakan air dingin. Cek lagi untuk memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa deterjen yang masih ada dan bisa menempel pada pakaian.

6. Jangan gunakan dryer atau pengering.

Dryer alias pengering wajib dihindari ketika Anda mencuci jersey sepeda. Bahkan, penggunaan dryer berbahaya untuk segala jenis jersey olahraga, atau kain high-performance secara umum. Karena itu, begitu jersey sudah dibilas sampai bersih, buang airnya dan langsung gantung sampai jersey kering.

Apabila Anda mencuci jersey sepeda Anda secara manual, coba gunakan trik yang satu ini. Siapkan sebuah handuk bersih dan kering berukuran besar, dan gelar handuk tersebut. Letakkan jersey di tengah handuk, lalu lipat ujung-ujungnya agar jersey sepeda Anda tertutupi. Kemudian, peras handuk dengan jersey di dalamnya. Dengan begitu, jersey Anda bisa kering dengan lebih cepat. Oh iya, gunakan satu handuk untuk satu jersey, ya!

7. Mencuci jersey sepeda yang baru dipakai sebentar.

Kalau Anda hanya bersepeda sebentar dan tidak banyak berkeringat sehingga jersey sepeda Anda tidak terlalu bau, Anda tidak harus langsung mencucinya, kok. Alternatifnya, Anda bisa jajal trik berikut, yaitu cukup dengan menggantung jersey sepeda Anda.

Justru dengan cara ini, jersey Anda malah bisa lebih tahan lama. Pasalnya, mencuci jersey sepeda pada dasarnya sama dengan mengurangi umur pakainya. Artinya, makin sering jersey dicuci, makin cepat juga masa pakainya. Karena itu, cuci jersey sepeda Anda hanya jika memang sudah perlu dicuci, misalnya setelah Anda bersepeda berjam-jam. Di samping itu, sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu jersey sepeda, bergantung pada frekuensi bersepeda Anda.

jersey sepeda lengan panjang

jersey sepeda lengan panjang

Bonus: Mencuci Sarung Tangan Sepeda.

Cara mencuci jersey sepeda di atas juga bisa Anda terapkan ketika Anda akan mencuci celana sepeda. Akan tetapi, bagaimana dengan sarung tangan sepeda Anda? Apalagi jika mengingat bahwa sarung tangan sepeda juga bisa sama kotor dan basahnya karena keringat Anda selama bersepeda.

Untuk mencuci sarung tangan sepeda, sebaiknya Anda melakukannya secara manual. Sebab, beberapa jenis sarung tangan sepeda bisa jadi malah terasa keras atau kaku jika dicuci dengan mesin. Hal yang sama juga berlaku untuk topi sepeda, yang malah berisiko rusak jika dicuci menggunakan mesin.

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Sepeda, Kaos, Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait : cara mencuci jersey, cara mencuci jersey sepeda, jersey sepeda, jakarta, lampung, medan, palembang, jambi

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: