Whatsapp : 089672325727
maestrojerseyindo@gmail.com

Tips Memilih Jersey Sepeda Balap yang Tepat untuk Anda

HP : 08967 232 5727 , Tempat Bikin Jersey Keren Berkualitas Dan Terpercaya

Tips Memilih Jersey Sepeda Balap yang Tepat untuk Anda

jersey sepeda balap

Secara garis besar, jersey sepeda didesain secara khusus agar Anda sebagai pengguna dapat bersepeda secara maksimal. Hal yang sama juga berlaku untuk jersey sepeda balap, di mana performa Anda pasti dituntut agar selalu konsisten di level optimalnya. Karena itu, jelas wajib hukumnya bagi Anda untuk memilih jersey sepeda terbaik.

jersey sepeda balap mtb

jersey sepeda balap mtb

Mengapa Harus Jersey Sepeda?

Anda barangkali bertanya-tanya mengapa Anda harus mengenakan jersey sepeda, kalau Anda sebenarnya bisa menggunakan kaos oblong atau t-shirt katun seperti biasanya? Bahkan, sebenarnya Anda perlu mengenakan jersey sepeda yang secara spesifik didesain khusus untuk jenis aktivitas bersepeda yang Anda lakukan, lho. Misalnya jersey sepeda road bike untuk bersepeda di jalanan beraspal, atau jersey sepeda gunung yang secara khusus didesain untuk bersepeda di medan pegunungan yang terjal dan bergelombang.

Oke, sebenarnya Anda bisa-bisa saja mengenakan t-shirt untuk bersepeda. Tapi, apakah Anda yakin ma uterus-terusan menggunakan kaos oblong? Sadarkah Anda betapa tidak nyamannya tubuh ketika Anda bersepeda dengan kaos oblong, apalagi ketika Anda bersepeda dalam waktu yang cukup panjang?

Penyebabnya jelas: keringat. Sementara itu, katun bukanlah jenis serat kain yang bisa membantu mengatur temperatur tubuh karena bahan ini hanya menyerap keringat, tapi tidak memiliki sirkulasi untuk mengeringkan keringat tersebut. Efeknya, baju jadi basah kuyup, sementara tubuh tetap berkeringat selama Anda bersepeda. Rasanya gerah, basah, lembap, dan tidak nyaman, kan?

Beda dengan jersey sepeda, yang terbuat dari kain yang memang secara khusus didesain agar mampu mengatur sirkulasi keringat demi menjaga temperatur tubuh selama bersepeda. Terlepas dari apa nama bahan kain yang digunakan, seperti jersey sepeda dryfit, polyester, nylon, atau lycra, pada dasarnya seluruh bahan tersebut merupakan serat sintetis yang didesain secara khusus untuk baju olahraga.

Jersey Sepeda Dilengkapi dengan Berbagai Fitur Berguna

Di samping itu, jersey sepeda juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang berguna, lho. Contohnya saku belakang yang secara khusus memang disediakan untuk menyimpan makanan maupun peralatan sepeda, misalnya untuk berjaga-jaga jika ban sepeda Anda kempes di tengah jalan. Bahkan, saku yang ada juga bisa digunakan untuk menyimpan HP sebagai langkah antisipasi jika ada situasi darurat.

Jersey sepeda balap pun pada umumnya memiliki desain dengan panel bagian depan yang lebih pendek, dan panel bagian punggung yang lebih panjang. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua bagian tubuh tertutupi selama berolahraga, dan mencegah kain yang menumpuk di bagian depan, mengingat postur tubuh selama bersepeda yang membungkuk. Bagian hem lengan maupun torso juga biasa dilengkapi dengan grip tape untuk mencegah jersey tertarik ke atas.

Baca Juga :

Jersey Sepeda Full Print, Jaminan Bikin Tim Tampil Beda!

Apa Jenis Jersey Sepeda yang Cocok untuk Anda?

Secara garis besar, ada dua jenis jersey sepeda, yaitu race cut dan club cut.

1. Jersey Sepeda Race Cut

Jenis inilah yang bisa disebut sebagai jersey sepeda balap, karena memang didesain untuk para pesepeda profesional, atau para pesepeda yang paling fit. Ukuran jersey sepeda race cut ini ketat (tight fit) agar aerodinamis, menjadikannya sebagai model jersey sepeda paling ketat yang ada di pasaran.

Jersey sepeda race cut biasanya cukup pendek dan memang idealnya dipasangkan dengan bib short agar tidak ada kulit yang “mengintip” antara ujung jersey dengan celana sepeda. Kalau potongan seperti ini tidak Anda sukai, Anda bisa pilih jersey sepeda club cut.

jersey sepeda balap

jersey sepeda balap

2. Jersey Sepeda Club Cut

Berbeda dengan race cut, club cut paling cocok untuk sepeda santai, atau intensitas bersepeda yang tidak setinggi sepeda balap. Karena itu, potongannya juga lebih longgar, meskipun tidak sampai selongar t-shirt. Dibandingkan jersey sepeda race cut, jenis yang satu ini sedikit lebih panjang, sehingga bisa langsung dikenakan tanpa bib short.

Komunitas Sepeda Dengan Jersey Sepeda Seragam

Jenis Kain untuk Jersey yang Tepat

Pada dasarnya, jenis material kain yang tepat untuk jersey sepeda bergantung pada karakteristik Anda sebagai pesepeda, serta kondisi cuaca yang ditempuh saat bersepeda. Dan meskipun ada begitu banyak nama jenis kain untuk jersey sepeda balap, sebenarnya Anda bisa merangkumnya ke dalam 3 kategori utama, yaitu:

1. Polyester

Polyester merupakan material sintetis yang bisa didaur ulang, dan merupakan jenis bahan jersey sepeda – dan bahkan jersey olahraga secara keseluruhan – yang paling populer saat ini.

Keunggulan polyester:

  • Mampu mengatur sirkulasi keringat dari kain sehingga kulit selalu terasa kering, alias tidak bersimbah keringat.
  • Membantu menjaga tubuh tetap sejuk saat bersepeda di siang hari yang panas.
  • Banyak jenis polyester yang dilengkapi dengan fitur tahan sinar UV dari paparan sinar matahari.
  • Sangat kuat sehingga bisa dicuci sesering mungkin, dan warna pada kain tidak akan memudar atau luntur saat dicuci.
  • Noda jamur (warna putih maupun gelap) tidak mudah berkembang di permukaan kain.
  • Dibandingkan jenis kain lainnya polyester relatif lebih terjangkau.

Kekurangan polyester:

  • Kain terasa seperti “plastik” ketika disentuh, yang biasanya bisa diatasi dengan mencuci jersey menggunakan pelembut kain untuk pertama kalinya.
Drifit merupakan bahan dari polyester

Drifit merupakan bahan dari polyester

2. Nilon

Nilon merupakan material sintetis untuk kain jersey sepeda, dan dikenal karena kekuatan dan kelenturannya (melar).

Kelebihan nilon:

  • Nilon merupakan salah satu jenis kain sintetis yang paling kuat.
  • Mudah melar, sehingga bisa meningkatkan aerodinamika saat dikenakan karena jersey dari nilon bisa pas dengan nyaman sesuai tubuh penggunanya.
  • Bisa mengatur sirkulasi keringat dari kain selama digunakan untuk bersepeda/
  • Warna tahan lama dan tidak memudar.
  • Tahan kerusakan karena jamur noda putih atau cerah.
  • Tahan air maupun angin.
  • Dapat dikenakan di berbagai kondisi cuaca.

Kekurangan nilon:

  • Tidak tahan noda jamur warna gelap, sehingga sekali noda muncul, akan sulit untuk membersihkannya.
  • Mudah menyerap bau, termasuk bau keringat.
  • Dapat mengkerut jika tidak dirawat dengan tepat.

Menentukan Ukuran Baju Jersey Sepeda Balap yang Tepat

Baik untuk jersey sepeda balap race cut maupun club cut, ukuran merupakan faktor yang sangat penting. Hal ini karena berkaitan erat dengan kenyamanan pengguna. Jadi, meskipun Anda memilih jersey sepeda race cut sekalipun – misalnya jersey sepeda downhill – Anda juga perlu memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh agar nyaman saat dikenakan, alias tidak kekecilan atau kebesaran.

Biasanya, standar ukuran yang dimiliki produsen jersey sepeda maupun konveksi cukup beragam. Misalnya, ukuran M (medium) untuk jersey merk A belum tentu juga merupakan ukuran M untuk jersey merk B. Karena itu, daripada sekadar mengandalkan standar ukuran S-M-L-XL dan seterusnya, sebaiknya Anda cari tahu sendiri ukuran baju yang akurat dengan langkah-langkah berikut.

  1. Ukur bagian terlebar bagian dada, tepat di bawah ketiak.
  2. Ukur lingkar bagian terlebar lengan bisep.
  3. Ukur lingkar bagian atas pinggang, di mana ujung jersey biasanya berakhir.
  4. Ukur panjang torso Anda.

Ukur sendiri tubuh Anda dengan 4 langkah tersebut, kemudian bandingkan dengan ukuran jersey yang disediakan oleh merk tertentu atau konveksi jersey sepeda balap pilihan Anda. Kemudian, pilih ukuran jersey yang paling pas dengan tubuh Anda.

Jika Anda Ingin Membuat Jersey Sepeda, Kaos, Polo, Jaket, Hoodie Dsb yang Berkualitas Dengan Harga Terjangkau silahkan Hubungi  Kami di :

SMS / CALL / Whats App

089672325727

Kata terkait : jersey sepeda balap, jersey sepeda downhill, jersey sepeda road bike, jersey sepeda dryfit, jersey sepeda gunung

 

Leave a Reply

Order Via Whatsapp
%d bloggers like this: